Selasa, 05 Mei 2015

MOTHERBOARD LAPTOP


Motherboard Laptop adalah Perangkat Notebook yang akan kita bahas kali ini. Pada rangkaian artikel terdahulu, telah saya bahas Baterai laptop, Penjelasan dan Fungsinya. Motherboard Laptop atau kadang disebut sebagai mainboard, board sistem, planar board atau papan logika adalah papan sirkuit cetak (PCB) ditemukan di komputer modern yang memegang banyak komponen penting dari sistem, seperti pusat processing unit (CPU) dan memori, dan menyediakan konektor untuk periferal lainnya.
Sebelum munculnya mikroprosesor, komputer biasanya dibangun dalam casing card-cage atau mainframe dengan komponen yang dihubungkan oleh sebuah backplane terdiri dari satu set slot tersendiri terhubung dengan kabel, dalam desain yang sangat tua kabel koneksi yang diskrit antara konektor kartu pin, tapi papan sirkuit tercetak segera menjadi standar praktek. Central Processing Unit, memori dan periferal ditempatkan pada individu papan sirkuit cetak yang dicolokkan ke backplate.

Motherboard Laptop  merujuk ke PCB laptop dengan kemampuan ekspansi. Istilah mainboard ditujukan ke perangkat dengan satu papan dan tidak ada ekspansi. Dalam istilah modern ini akan mencakup papan pengendali di televisi, mesin cuci dan embedded system lainnya.

Motherboard Laptop  atau papan circtuit utama di setiap laptop tidak persis seperti papan sistem PC desktop, papan sistem laptop datang ke pasaran dalam ribuan bentuk dan ukuran. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengeluarkan motherboard dari laptop Toshiba dan memasang ke laptop Dell.
Semua bagian dalam laptop terhubung ke Motherboard Laptop sistem, baik secara langsung melalui konektor terpasang pada board sistem atau melalui kabel. Dalam sebuah laptop biasa port dan komponen secara permanen terpasang ke board sistem dan tidak dapat dengan mudah diganti tanpa solder, misalnya:
1)      Hard drive konektor (HDD) keras.
2)      CD / DVD drive konektor.
3)      Memory (RAM) slot.
4)      Konektor baterai.
5)      Keyboard konektor.
6)      Audio (headphone dan mikrofon) jack.
7)      Roda Volume kontrol.
8)      Port USB.
9)      Eithernet (RJ45 alias jaringan) port.
10)   IEEE 1394 (Fire Wire) port.
11)   Video chip dan beberapa komponen lainnya dan port.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar